oleh

Kawasan Pertanian Perkotaan Hadir di Rawa Badak Selatan

Jakarta, Faktual.Net-Memanfaatkan lahan kosong seluas 3.000 M2 yang berada di lingkungan RW 05, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, warga bersama petugas Penanganan Prasarana Sarana Umum (PPSU) membangun kawasan pertanian perkotaan dengan nuansa asri.

Sejumlah fasilitas telah disiapkan diantaranya saung, area panahan, kolam ikan, sawah, kebun, stasiun kerja biodigister .

Hadirnya kawasan pertanian perkotaan tersebut mendapatkan apresiasi dari Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko.

“Hari ini kita melakukan gowes sepeda yang tidak hanya menggerakan tubuh tapi juga olah jiwa karena ada silahturahmi di dalamnya dan kawasan pertanian perkotaan ini menjadi lokasi utama yang dikunjungi,”ungkap Sigit Wijatmoko, saat peresmian pengelolaan sampah dengan solusi digital dan energi terbarukan untuk mengelola sampah di sumber melalui stasiun kerja biodigester, Jumat (07/08/2020).

Baca Juga :  Paguyuban RT Kelurahan Kebon Bawang Berikan Bantuan Untuk Korban Kebakaran RW 08 Kalibaru

Ia melihat lingkungan RW 05 Kelurahan Rawa Badak Selatan sebagai salah satu kawasan unggulan dan eduwisata yang memiliki berbagai potensi yang terus dikembangkan Ada waduk, GOR Rawa Badak, RPTRA Rasela dan sekarang hadir kawasan pertanian perkotaan.

“Model seperti ini akan terus kita kembangkan dan membutuhkan kebaharuan untuk kedepannya. Semangat kolaborasi ini harus dipertahankan untuk sama-sama demi kemajuan wilayah,”tambah Sigit Wijatmoko.

Baca Juga :  Operasi Yustisi Cegah Covid-19 di Pulau Lancang, 6 Pelanggar Di Tindak

Sementara Lurah Rawa Badak Selatan Suhena menjelaskan, awalnya lahan ini dipenuhi sampah dan tanaman liar. Berkat kolaborasi warga bersama anggota PPSU saat ini di kawasan ini telah berubah menjadi kawasan pertanian perkotaan. Proses pengerjaan kawasan pertanian perkotaan sejak Maret lalu. Lahan ini merupakan satu kesatuan dengan RPTRA Rasela.

“Dengan hadirnya kawasan pertanian perkotaan ini, ia berharap kawasan ini juga dapat menjadi salah satu tujuan wisata bukan hanya untuk warga Rawa Badak Selatan saja namun untuk seluruh warga Jakarta Utara,”ujar Suhena.(Amin)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :