Jokowi Serahkan Bonus Atlet Peraih Medali Asian Para Games 2018 Sebelum Acara Penutupan

36

Faktual. Net, Jakarta. Pemerintah akan mencairkan bonus kepada atlet-atlet Indonesia peraih medali pada Asian Para Games 2018. Bonus akan diserahkan langsung oleh presiden Jokowi pada hari ini Sabtu, 13/10/2018 sebelum penutupan pesta olah raga tersebut.

Seperti Asian Games 2018 lalu, pemerintah juga menyiapkan bonus yang sama kepada para atlet peraih medali di ajang olahraga multievent disabilitas tersebut tanpa ada perbedaan besaran bonus. Rincian bonus yang akan diterima oleh para atlet peraih medali yakni untuk medali emas akan mendapatkan Rp 1,5 milar, medali perak Rp 500 juta dan medali perunggu Rp 250 juta.

Saat dijumpai dengan awak media pada Kamis, 11 Oktober 2018 di Jakarta Internasional Velodrome, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan bonus tersebut pada hari Sabtu, 13 Oktober 2018 tepatnya sebelum penutupan dan direncanakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang akan menyerahkan langsung bonus tersebut.

Baca Juga :  Presiden Jokowi : Kunci Kemajuan Suatu Bangsa Adalah Toleransi Dan Keterbukaan

“Ya benar. Bonus akan kami berikan Sabtu, sebelum penutupan, sebelum keringat atlet kering,” kata Imam Nahrawi. Dirinya menjelaskan bahwa pada awalnya ia menyiapkan dana sebesar Rp. 204 miliar dengan target maksimal 20 medali emas. Akan tetapi, diluar dugaan, kontingen Indonesia terus menambah catatan medali emas melebihi 20 medali emas, tentu besaran bonus akan bertambah.

Karena anggaran akan bertambah, maka Imam menyebut akan mencarikan solusi dengan memotong dana yang tidak terserap di Kemenpora untuk dialokasikan ke dalam bonus tersebut. Dan ini menurutnya adalah komitmen pemerintah untuk menghargai jerih payah para atlet yang telah berjuang membawa nama Indonesia.

Baca Juga :  KPK Tetapkan Menpora Sebagai Tersangka, Jokowi "Hormati KPK"

“Jadi kami akan melakukan penyisiran di internal Kemenpora. Anggaran yang tidak terserap seperti rapat-rapat, kunjungan-kunjungan atau kegiatan seminar akan kami alihkan menjadi bonus atlet,” kata dia.

Tak hanya bagi atlet peraih medali, Menpora juga menyebut akan memberikan bonus bagi seluruh atlet Asian Para Games 2018 sebagai apresiasi negara terhadap jerih payah mereka. Dia mencontohkan seperti pada Asian Games beberapa waktu lalu, para atlet yang tidak mendapatkan medali tetap diberikan bonus tentu dengan nominal yang berbeda.

“Kami berharap setelah bonus atlet peraih medali, kami juga bisa memberikan secepatnya bonus kepada para atlet yang tidak mendapatkan medali. Seperti di Asian Games 2018, mereka mendapatkan Rp 20 juta,” tutup Menpora tersebut.

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :