oleh

JaDI Sultra Kritik Progres 100 Hari Kinerja Gubernur, Ini Tanggapan Sudarmanto Saeka

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Kritikan Ketua Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Sultra Hidayatullah tentang progres program 100 hari Ali Mazi-Lukman Abunawas yang jalan ditempat khususnya masalah kedisiplinan Gubernur, reformasi birokrasi, mendapat tanggapan dari beberapa pihak. Setelah direktur AMAN Centre La Ode Rahmat Apiti, Humas Pemprov Sultra Kusnadi bahkan Wagub Sultra Lukman Abunawas, kini giliran Sudarmanto Saeka (SS) anggota DPRD Provinsi Sultra fraksi Nasdem.

Kepada faktual.net, pada Kamis, 27/12/2018 Sudarmanto mengatakan salam hangatnya kepada Hidayatullah. Bagi Bobby sapaan akrab SS, saran dan kritik yang disampaikan Hidayatullah terkait progres 100 hari kinerja AMAN ada hal yang wajar dan positif, serta ini akan menjadi Suplemen bagi pemprov Sultra dalam memaksimalkan program Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN) dalam mewujudkan visi-misi pada masa kampanye saat suksesi gubernur Sultra lalu.

Sudarmanto mengatakan bahwa dirinya yang berada di Partai Pengusung AMAN, akan selalu mengingatkan Gubernur terkait perwujudan visi-misi. Menurutnya ini harus karena visi-misi AMAN adalah sebuah komitmen politik yang harus ditepati, karena visi-misi AMAN adalah janji suci kepada masyarakat Sultra yang InsyaAllah akan ditepati.

Reformasi birokrasi yang dijanjikan AMAN saat berkampanye InsyaAllah akan diwujudkan, tetapi harap teman-teman prodem maklumi bahwa ternyata waktu 100 hari tidak cukup untuk mewujudkannya. Ini sangat beralasan sebab Ali Mazi-Lukman Abunawas memimpin Sultra saat masa transisi kepemimpinan di Sultra. Karena masa transisi tentunya penataan birokrasi yang dilakukan AMAN harus mulai dari titik minus bukan titik. Ini bukan pembenaran, tetapi secara pribadi Bobby berharap agar teman-teman prodem bijak memaklumi hal ini.

Baca Juga :  Muhammad Alamsyah: Menilai Hasil Verifikasi Calon Tenaga Kerja Lokal di PT VDNI dan OSS Memprihatinkan

Sudarmanto mengatakan bahwa di 3 bulan masa kepemimpinan AMAN yang telah berjalan, dirinya tidak akan menyebutkan apa yang telah dilakukan karena rakyat yang menilai, tetapi yang terpenting dari semua itu adalah AMAN selalu membuka ruang diskusi kepada siapa saja yang punya keinginan untuk bersama membangun Sultra. Dan ini terbukti, siapa saja yang datang di kantor Gubernur dengan maksud bertemu Gubernur atau Wagub pasti ditemui dengan syarat siap antri.

Bahwa Ali Mazi jarang memimpin apel pagi atau upacara di tanggal 17 setiap bulannya, ini harus dilihat juga dari sudut mana? Kegiatan seorang Gubernur lebih banyak berurusan dengan eksternal, karenanya saat pagi hari Ali Mazi dari rujab langsung menuju ketempat-tempat beliau harus hadir, maka apel pagi lebih banyak dimandatkan ke Wagub atau Sekda. Dan ini juga lebih pada pembagian tugas, Gubernur lebih banyak menangani persoalan eksternal dan Wagub melakukan pembinaan internal.

Baca Juga :  Peluang Kerja Bagi Masyarakat Desa Taring, Untuk Di Tempatkan Di Pertashop

Teman-teman prodem dan masyarakat juga harus melihat bahwa Ali Mazi sejak dilantik 5 September 2018, tidak satupun upacara yang bersifat kenegaraan yang beliau tidak hadiri. Apakah posisi beliau sebagai inspektur upacara atau peserta upacara. Mulai dari peringatan HUT TNI, peringatan Sumpah Pemuda, Peringatan Hari Pahlawan bahkan yang terbaru peringatan HKSN di Konawe Utara.

Harus juga kita pahami bersama bahwa memimpin upacara/apel disetiap Senin pagi atau disetiap tanggal 17 adalah bukan tugas utama seorang Gubernur, sesekali beliau lakukan tetapi memang lebih banyak beliau mandatkan ke Wagub atau Sekda sebagai pembina internal ASN Pemprov.

Terakhir SS mengatakan bahwa kritikan yang disampaikan oleh sahabat-sahabat yang ada di JaDi adalah hal yang sangat positif, SS yakin ini semua adalah bentuk kecintaan JaDI terhadap AMAN dan terhadap Sultra.

SS mengatakan bahwa dirinya sangat yakin, program AMAN akan terwujud manakala masyarakat mendukung dan bagian dari masyarakat adalah sahabat-sahabat prodem didalamnya, saran dan kritik JaDI Sultra dalah vitamin dan nutrisi bagi Pemprov Sultra guna menuju Sultra Emas yang dicanangkan AMAN.

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :