Hadapi Moment Politik, DPRD Tikep Minta ASN Lebih Rasional

82

Faktual. Net, Tidore. Maraknya kasus dugaan pelanggaran pemilu yang ditangani oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tidore kepulauan terkait dengan keterlibatan ASN dan sejumlah perangkat desa, mendapat sorotan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tidore Kepulauan.

Kepada sejumlah media , Rabu (13/03/19)  Mochtar Djumati Wakil ketua II DPRD Kota Tidore Kepulauan meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar bisa lebih rasional dalam bersikap, pasalnya dalam ketentuan perundang-undangan sudah jelas mengisyaratkan akan sanksi yang diberikan kepada ASN apabila terbukti melibatkan diri dalam politik praktis.

“Netralitas ASN ini harus dimulai dari pimpinan Daerah untuk benar-benar memberikan ketegasan kepada mereka, sehingga mereka lebih objektif dan rasional. Karena jika tidak, maka yang rugi itu ASN sendiri, karena sanksi terkait dengan keterlibatan ASN dalam pemilu itu bisa sampai pada tingkat pemecatan,” tuturnya.

Baca Juga :  Kader Hanura Papua Dukung OSO Nahkodai Hanura

Untuk itu, dalam rangka membangun kesadaran berdemokrasi, Mochtar berharap ASN bisa sadar diri dan sadar posisi,

“Soal sikap politik kita kembalikan ke masing-masing individu, karena ASN ini bukan robot yang ketika ditekan tombol remutnya, dia kemudian memainkan peran untuk mendukung partai tertentu, tetapi dia adalah manusia yang juga bisa digunakan otaknya untuk berpikir,” jelasnya.

Baca Juga :  Kader Hanura Papua Dukung OSO Nahkodai Hanura

Selain ASN, Mochtar juga menyoroti kinerja Gakumdu Kota Tidore kepulauan dalam penanganan kasus pelanggaran pemilu terkait keterlibatan ASN maupun perangkat Desa yang menjadi temuan dari Bawaslu maupun laporan dari masyarakat dapat diseriusi dengan baik tanpa pandang bulu.

“Harapan kami Gakumdu tidak main-main soal proses pelanggaran pemilu, sehingga dengan begitu ada efek jera bagi yang melanggar untuk tidak dicontohkan bagi yang lain,” tambahnya.

 

Reporter : Aswan Samsudin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :