oleh

Guru Besar Ekonomi Unhas Bahas Pengembangan UMKM Bersama 25 Orang Enterpreneur Kota Kendari

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Guru besar Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof. Dr. Gagaring Pagalung bahas pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kendari. Dimediasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Prof. Dr. Gagaring Pagalung diskusi dengan 25 pelaku UMKM Kota Kendari dalam suasana santai dan kekeluargaan.

Bertempat di rujab Walikota Kendari, Prof. Dr. Gagaring Pagalung didampingi oleh Kadis Perindakop Kota Kendari melakukan pemetaan terhadap kendala dan masalah dalam upaya pengembangan UMKM Kota Kendari.

Walikota Kendari Saat Membuka Acara Diskusi

Satu persatu berkomunikasi dengan 25 pelaku usaha yang tergabung di ASIMAH, Prof yang pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin periode 2013 – 2017 memberikan banyak tips terhadap berbagai kendala yang dihadapi oleh enterpreneur Kota Kendari yang banyak terimbas saat Pandemi Covid – 19 terjadi.

Baca Juga :  Inovasi Ramah Lingkungan, PLTU Nii Tanasa Produksi Paving Blok dan Batako Berbahan Limbah Abu Batubara

Salah satunya tips jitu diera Pandemi ini adalah dengan berkreasi di model penjualan secara online. Terkhusus bagi UMKM yang bergerak dibidang kuliner. Dikatakannya bahwa era Pandemi saat ini, dunia kuliner tetap bisa eksis dan bangkit dengan metode penjualan online.

Prof yang giat melakukan pendampingan terhadap pelaku usaha mikro khususnya di Sulawesi Selatan tersebut juga mengatakan bahwa kata kunci dari kemajuan sebuah usaha adalah keyakinan bahwa rezeki sudah ada jalannya masing – masing. Selain itu terus melakukan inovasi dan kreatifitas dalam upaya pengembangan terhadap produk yang dihasilkan tentu dengan melihat trend kebutuhan masyarakat.

Madu Murni Abu Ken, Produk UMKM yang di perkenalkan saat acara diskusi

Terhadap kendala klasik bagi para pelaku usaha yang diutarakan oleh peserta diskusi yakni masalah permodalan, guru besar bidang ekonomi Unhas tersebut tidak memungkirinya. Dia memberi semangat kepada pelaku usaha Kota Kendari bahwa yang namanya kendala pasti ada, “tentu kita petakan dan kita akan mencari solusinya. Terkait persoalan permodalan tentu ada jalan yang bisa ditempuh melalui lembaga – lembaga keuangan yang ada, semisal memanfaatkan dana KUR dari BRI”, ucapnya.

Baca Juga :  Inovasi Ramah Lingkungan, PLTU Nii Tanasa Produksi Paving Blok dan Batako Berbahan Limbah Abu Batubara

Pantauan faktual.net, acara yang berlangsung pada Kamis sore, 27/5/2021 tersebut turut dihadiri Walikota Kendari, H. Sulkarnain Kadir, SE yang membuka acara. Dan sampai acara selesai menjelang magrib turut dipandu oleh Kadis Perindakop Kota Kendari Muhammad Syaiful, ST, MM dan jajaran staf.

Reporter : Aco Rahman Ismail

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :