oleh

Evaluasi RPJMKam, DPMK Dogiyai Dorong Musrenbang Tiap Kampung

-Berita, Daerah-232 views

Faktual.Net, Dogiyai, Papua – Mencermati kembali Program Kerja Pemerintah yang tertera dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMKam) 2017-2022 mendatang, maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Dogiyai mendorong 79 kampung yang tersebar di 10 Distrik Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua, untuk melaksanakan Musyawarah Pembangunan Kampung (Musrenbangkam).

Melalui rilis pers yang diterima media ini, Minggu (19/07/20), Sekretaris DPMK Kabupaten Dogiyai, Yeron Agapa mengatakan, digelarnya Musrenbangkam bertujuan untuk mengevaluasi kembali realisasi pelaksanaan terhadap dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (RPJMKam).

Kegiatan itu turut dihadiri oleh setiap Kepala Kampung, Perangkat Kampung, anggota BPK, Perwakilan Lembaga Kampung dan tokoh masyarakat tiap Kampung.

“Ada juga sebagai narasumber yaitu Kepala Seksi Tata Pemerintahan dari 10 Distrik, dan masing-masing Pendamping Kampung di Kabupaten Dogiyai,” jelas Yeron.

Dikatakannya, akhir dari Musrenbang tiap Kampung telah diputuskan, bahwa tidak semua kegiatan dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam) Tahun Anggaran 2021. Pasalnya, diketahui bila perencanaan program yang disusun dalam RPJMKam tahun 2017-2022, terdapat banyak program yang tidak bisa dibiayai oleh Anggaran Dana Kampung (ADK).

Baca Juga :  Rapat Koordinasi Menuju Zero Covid - 19, Tingkatan Recovery Rate dan Turunkan Mortality Rate

Maka dari itu, hal tersebut telah disepakati untuk diusulkan ke Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat, agar bisa diagendakan dalam rencana kerja Pemerintah di masing-masing tingkatan.

Sedangkan kegiatan yang dapat didanai oleh APBKam Tahun Anggaran 2020, dapat menjadi bahan Musrenbangkam untuk menentukan prioritas kegiatan Pemerintah di masing-masing Kampung.

Diakui Yeron, pendanaan pelaksanaan monitoring dan Musrenbang 79 Kampung tersebut, bersumber dari APBD kabupaten Dogiyai tahun 2020.

“Memperbaiki kehidupan masyarakat di Kampung-kampung adalah dambaan bersama, karena itu mari satukan visi, misi demi menciptakan Dogiyai dou enaa (enak dipandang),” ujar Yeron.

Yakobus sempat menyebut nama Damiana Tekege dan Yeron Agapa melalui rilis yang diterima wartawan terkait pelaksanaan Musrenbangkam yang dilaksanakan pihak DPMK Kabupaten Dogiyai, sebab sebelumnya tidak pernah dilaksanakan oleh pimimpin terdahulu, maupun oleh para Kepala DPMK yang sempat menjabat.

“Ini merupakan bukti kehebatan dari Kepala DPMK Kabupaten Dogiyai, Damiana Tekege, SH, M.Hum dan Sekretaris DPMK Kabupaten Dogiyai Yeron Agapa, SH beserta jajarannya, yang selalu kreatif dan penuh semangat dalam bekerja,” ungkap Dumupa.

Baca Juga :  Diduga Akibat Korsleting Listrik, Satu Rumah Warga Habis Terbakar

Diakui Dumupa, sejak pembentukan Kabupaten Dogiyai 2008 silam, tidak pernah dilaksanakan kegiatan Musrenbangkam. Sementara, kegiatan tersebut memiliki peranan yang sangat penting dan wajib dilakukan, agar pemerintah dan masyarakat kampung dapat merencanakan pembangunannya sendiri.

“Barulah dalam kepemimpinan saya sebagai Bupati Dogiyai, saya mewajibkan pelaksanaan Musrenbangkam. Saya mau masyarakat terlibat aktif (Sebagai pelaku) dalam seluruh proses pembangunan, mulai dari perencanaan (Yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan Musrenbangkam), pelaksanaan, monitoring hingga evaluasinya,” tutur Dumupa.

Lantaran itu, menurut Dumupa, sebagai hal baru bagi masyarakat kampung, hal semacam ini tentu saja butuh proses untuk dipahami dan dilaksanakan. Tetapi hal tersebut dimulai tahun ini dan telah sukses dilaksanakan.

“Saya hanya bisa berkata prestasi kerja seperti ini teruslah ditingkatkan, dipelihara dan dikembangkan serta membenahi kekurangan dan kelemahan yang sering menjadi batu sandungan menuju Dogiyai bahagia,” imbuhnya.

Reporter: Imanuel You

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :