Ditunggu, Kontribusi Wisudawan IAI Az-Zaytun Selesaikan Masalah di Masyarakat

Faktual.net – Indramayu – Jawa Barat – Sidang Terbuka Senat Institut Agama Islam Az-Zaytun (IAI AL-AZIS) mewisuda 160 lulusan Program Sarjana (Strata -1) Angkatan III Tahun Akademik 2022/2023. Dipimpin Rektor IAI AL-AZIS Imam Prawoto dan disaksikan Syaykh Abdus Salam Rasyidi Panji Gumilang, sidang terbuka dan wisuda digelar di Kampus IAI AL-AZIS, Mekarjaya, Gantar, Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat pada Sabtu, 20 Mei 2023.

“Berbaur dengan masyarakat, serta berkontribusi terhadap warga sekitar. Jangan sekali-kali merasa bahwa karena sudah sarjana, lalu tidak mau turun membantu masalah-masalah kemasyarakatan,” tegas Imam sebelum mewisuda tiga lulusan terbaik sebagai perwakilan 157 wisudawan lainnya.

Ketiga lulusan terbaik tersebut yaitu Fitri Anisa, S.H, dari Fakultas Syariah (IPK 4,00), Syifaus Sabilah, S.Pd., dari Fakultas Tarbiyah (IPK 3,93), dan Budi Santoso,S.Sos dari Fakultas Dakwah (IPK 3,81).

Lebih lanjut, kata Imam Prawoto, para lulusan yang telah digembleng di IAI -Azis memberikan pembuktikan kepada masyarakat dan dunia kerja bahwa mereka tidak hanya pandai dalam teori, melainkan juga praktik dan pengamalan ilmunya di tengah masyarakat. “Para wisudawan hendaknya mengingat, menghayati, dan melaksanakan pesan Panji Gumilang bahwa mahasiswa yang telah lulus juga agar lebih membumi,” tutur Imam saat sidang terbuka yang juga turut dihadiri Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan dan dosen purnatugas IAI AL-AZIS Kivlan Zein.

Baca Juga :  Ciptakan Budaya Literasi bagi Anak-Anak Sekolah dalam Songsong Abad Keterampilan

Sementara itu, dipaparkan oleh Wakil Rektor IAI Al Azis Henry Peranginangin bahwa wisudawan Program Sarjana (Strata-1) Angkatan III Tahun Akademik 2022/2023 terdiri dari 103 laki-laki dan 57 perempuan. Dari Fakultas Tarbiyah dengan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), meluluskan 31 orang (17 laki-laki, 14 perempuan) dan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) meluluskan 11 orang (3 laki-laki, 8 perempuan). Di samping itu, dari Fakultas Syariah dengan Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) meluluskan 26 orang (24 laki-laki, 2 perempuan) dan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (Mu’amalah) meluluskan 61 orang (38 laki-laki, 23 perempuan).

Baca Juga :  Ciptakan Budaya Literasi bagi Anak-Anak Sekolah dalam Songsong Abad Keterampilan

Selanjutnya, Fakultas Dakwah dengan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) meluluskan 22 orang (13 laki-laki, 9 perempuan) dan Program Studi Manajemen Dakwah meluluskan sebanyak 9 orang (8 laki-laki, 1 perempuan).

Mengusung tema wisuda “Mewujudkan Masyarakat Sehat, Cerdas, dan Manusiawi dalam Perspektif Pembangunan Gelombang Kedua Al-Zaytun” Imam Prawoto mendorong para lulusannya menyiapkaan diri sebagai sumber daya manusia yang andal dan cerdas, berbadan sehat, serta berkarakter mulia dan mengajarkan ajaran Ilahi yang menjunjung tinggi kemanusiaan.

“Apalagi menghadapi era media digital yang menghadirkan berbagai tantangan berat di masa sekarang dan yang akan datang,” kata Imam.

Reporter: Johan Sopaheluwakan

Tanggapi Berita Ini