Bhabinkamtibmas Pulau Pari Bantu Damkar Padamkan Kebakaran Lahan Ilalang di Pantai Perawan

Faktual.Net, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta – Bhabinkamtibmas Pulau Pari, Polres Kepulauan Seribu, Bripka Khohim Chovivi, turut membantu petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dalam memadamkan kebakaran lahan hutan ilalang di sebelah timur Pantai Perawan, wilayah RT001/04, Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, pada Sabtu (18/05/2024).

Kejadian bermula pada pukul 15.50 WIB, saat Sdr. Mohammad Riski melihat asap hitam pekat di sebelah sisi timur Pantai Perawan. Menyadari bahwa asap semakin tebal, Sdr. Mohammad Riski segera menelepon petugas jaga piket pos Damkar Pulau Pari, Bpk. Imam Solaendra. Mendapatkan informasi tersebut, Bpk. Imam Solaendra bersama piket pemadam yang bertugas segera menuju lokasi untuk melakukan pemadaman.

Informasi kebakaran ini juga disampaikan melalui grup WhatsApp RT/RW setempat untuk memastikan langkah-langkah cepat dari petugas Damkar dan petugas terkait dalam upaya pemadaman dan pendinginan.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Pulau Tidung Jalin Silaturahmi dengan Warga: Briptu Andika Fajar Ajak Masyarakat Ciptakan Kamtibmas Kondusif

Dengan kerjasama yang cepat dan tanggap, pada pukul 17.00 WIB, api berhasil dipadamkan dan dilakukan proses pendinginan untuk mencegah kebakaran lanjutan. Tidak ada korban jiwa maupun kerugian material dalam kejadian ini.

Bripka Khohim Chovivi, yang turut serta dalam upaya pemadaman, menyatakan pentingnya kerja sama antara warga dan petugas dalam menghadapi situasi darurat seperti ini. “Kehadiran kami di sini adalah untuk memastikan keselamatan dan keamanan warga Pulau Pari. Kami mengapresiasi respon cepat dari masyarakat dan petugas Damkar,” ujarnya.

Baca Juga :  Bhabinkamtibmas Pulau Untung Jawa Sosialisasikan Keamanan dan Pencegahan Hoax ke Warga

Kejadian ini menjadi pengingat pentingnya kewaspadaan terhadap potensi kebakaran, terutama di wilayah dengan vegetasi yang mudah terbakar seperti hutan ilalang. Masyarakat diimbau untuk segera melaporkan setiap tanda-tanda kebakaran kepada pihak berwenang untuk penanganan cepat dan efektif.

(Amin)

Tanggapi Berita Ini