oleh

Bawaslu Akui Kesadaran Peserta Pemilu Di Tidore Kian Membaik

Faktual.Net, Tidore. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan menilai kesadaran peserta Pemilu 2019 yakni Partai Politik sudah cukup membaik, hal itu dapat dilihat dari keseriusan peserta pemilu saat menginformasikan agenda mereka ke Bawaslu Kota Tikep sebelum turun berkampanye.

“Saat ini ada yang mengkonsultasikan sebelum memasang APK atau ada kegiatan lain, sehingga kami bisa saling berkordinasi untuk saling mengingtatkan batasan-batasan yang tidak boleh dilakukan demi tercegahnya pelanggaran,” ujar Ketua Bawaslu Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Bahrudin Tosofu, SH kepada awak media, pada Kamis, 11/10/2018.

Lebih lanjut, lelaki yang juga merupakan Koordinator Sumberdaya Manusia pada Bawaslu Kota Tikep itu mengatakan bahwa kesadaran peserta Pemilu dapat memberikan dampak positif kepada publik.

“Kalau dengan konsultasi dulu, maka kita bisa menghimbau akan pelanggaran yang tidak boleh dilakukan. Sehingga dengan begitu pelanggaran bisa kita cegah secara bersama, soalnya terkadang itu ada saja peserta pemilu yang melakukan kegiatan atau pemasangan APK sesuka mereka, padahal ada batasan-batasan yang harus ditaati,” jelasnya.

Untuk itu, dia berharap jelang pemilu 2019, Kota Tidore Kepulauan tetap menjadi kota yang aman dan nyaman tanpa dipenuhi dengan kegaduhan. Walaupun dia menilai pada pemilu legislatif nanti bisa berpotensi sedikit rawan, karena adanya persaingan dari masing-masing Caleg. Kendati demikian pihaknya tetap mengedepankan upaya pencegahan, namun jika dilakukan pencegahan kemudian Tidak di indahkan, maka pihaknya juga tidak segan-segan untuk menindak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Saya juga mengharapkan adanya kerja sama dari masyarakat Dan OKP beserta Pers untuk sama-sama mengawasi Setiap Tahapan yang Berlangsung, sebab potensi kecurangan itu bisa diminimalisir, tentu bukan hanya tanggungjawab bawaslu, melainkan tanggungjawab dan hasil dari kerja keras kita semua,” tambahnya.

Penulis : Suramin Idrus

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :