oleh

Anies Baswedan Buka Seminar Nasional APPSI di Kota Kendari

faktual.net, Kendari, Sultra. Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Seminar Nasional Pemantapan Konsep Daerah Provinsi Yang Bercirikan Kepulauan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Ali Mazi, SH Gubernur Sulawesi Tenggara yang juga merupakan Ketua Badan Kerjasama Provinsi Kepulauan mengatakan bahwa tema ini diambil dikarenakan masih terjadi kesenjangan yang sangat jelas dalam pembangunan antara provinsi daratan dan provinsi kepulauan.

“Perlakuan penempatan anggaran antara provinsi daratan dan kepulauan masih belum berimbang, kita berharap seminar ini menjadi sebuah perjuangan agar provinsi yang bercirikan kepulauan juga bisa sejahtera masyarakatnya”, harap Ali Mazi pada Kamis, 4 Agustus 2022.

Ali Mazi menyebutkan bahwa Sumber Daya dilautan kita sangat melimpah, apabila dikelola dengan baik, dimungkinkan bisa membayar utang luar negeri.

Gubernur 2 Periode Sultra ini menegaskan bahwa cara pandang Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan harus mempertimbangkan laut sebagai sebuah potensi dan masyarakat kepulauan harus diberikan hak-hak yang sama agar bisa tumbuh dan berkembang.

“Saat ini ada 8 provinsi di Indonesia yang bercirikan kepulauan : Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Maluku dan Maluku Utara. Kami berharap draf rancangan daerah kepualauan yang merupakan rancangan Dewan Perwakilan Daerah segera disahkan karena saat ini telah masuk Prolegnas”, kata Ali Mazi.

Anies Baswedan saat membuka seminar nasional secara virtual

Anies Baswedan selaku ketua APPSI membuka kegiatan seminar ini secara virtual. Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan bahwa ada kemiripan antara Jakarta dengan Sultra, karena Jakarta merupakan satu-satunya ibukota negara di dunia yang ada Pulaunya, yakni Kepulauan Seribu.

Anies menegaskan bahwa kata kuncinya adalah anggaran, sebab jika anggarannya tidak ada, maka konsep untuk memajukan kepulauan hanya akan terhenti pada pidato saja.

Pantauan faktual.net acara tersebut dihadiri oleh perwakilan pemerintah provinsi se -Indonesia, Perwakilan Kemendagri, Anggota Komisi 1 DPR RI, Anggota DPD RI dapil Sultra AMirul Tamim, Ketua Dewan Pakar APPSI.

Reporter : Aco RI

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :