oleh

Yayasan Berjanji Tindaklanjuti Tuntutan Mahasiswa FAPERTAHUT

Faktual.net,Tidore. Ketua Yayasan Universitas Nuku Kota Tidore Kepulauan Asrul Sani Soleman berjanji akan menindaklanjuti apa yang menjadi tuntutan dari Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Nuku mengenai sikap sejumlah dosen yang dianggap tidak pernah masuk mengajar.

“Insya Allah Saya akan panggil semua prody dan dosen untuk dibicarakan secara tuntas, saya baru tau setelah ada aksi dan diberitakan melalui media, karena kemarin Universitas Nuku sedang fokus reakreditasi,” ungkapnya saat ditemui media ini di ruang kerjanya pada Selasa, (5/3/19) .
Untuk itu, agar tidak merugikan hak mahasiswa Universitas Nuku dalam menjalankan proses belajar mengajar, lelaki yang juga merupakan orang nomor 3 di lingkup Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan itu menegaskan bahwa dirinya akan melakukan evaluasi kepada pihak Kampus dan memberikan sanksi kepada Dosen yang malas mengajar. “Kalau ada hal-hal yang diluar dari ketentuan administrasi saya akan tegaskan untuk diperbaiki,” ungkapnya.

Kendati Universitas Nuku masih mengalami kekurangan Dosen, Namun kata Asrul pihaknya telah melakukan pembaharuan dengan menyekolahkan Mahasiswa lulusan Universitas Nuku yang berprestasi untuk mengambil program magister serta menyekolahkan Dosen di Universitas Nuku untuk mengambil program Doktor guna meningkatkan kualitas SDM Kampus, sehingga dengan begitu apa yang menjadi kekurangan pihak Universitas sudah bisa terpenuhi. Bahkan untuk dosen yang mengambil beberapa mata kuliah sebagaimana yang ditentukan juga telah ditertibkan pihaknya.

“Saat ini ada beberapa Mahasiswa Universitas Nuku yang sudah kami kirim sekolah S2, dan mereka telah kembali untuk mengabdi, sementara ada Dosen lain yang ambil S3, jadi bagi mereka yang disekolahkan dari Universitas Nuku kemudian sudah selesai akan kami tarik untuk mengabdi di Universitas Nuku,” jelasnya.

Olehnya itu, Demi membantu mahasiswa yang kurang mampu, pihak Universitas juga telah menyediakan beasiswa untuk mereka, bahkan untuk kategori biaya semester, kata Asrul Universitas Nuku merupakan kampus yang biayanya paling murah dimana senilai Rp. 750 Ribu dan tidak pernah mengalami peningkatan.
“Hal itu dilakukan karena kami tidak mau menyulitkan mahasiswa kurang mampu dari pelosok yang sekolah di Universitas Nuku sebagaimana wasiat pendiri Kampus mendiang Alm. Sultan Tidore Djafar Syah yang berkeinginan agar anak-anak Tidore dan Maluku Utara bisa bersekolah terlebih dahulu,” tambahnya.

 

Reporter : Aswan Samsudin

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :