Wujudkan Kader Loyal dan Berintelektual, IPM Cabang Biringkanaya Sukses Gelar PKDTM I

📷Ketgam: Suasana penutupan PKDTM 1 PC IPM Cabang Biringkanaya.

Faktual.Net, Makassar, Sulsel– Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Cabang Biringkanaya Sukses Gelar Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati (PKDTM I) yang diselenggarakan di Kompleks Perguruan Muhammadiyah Berua dan berlangsung selama lima hari empat malam, sejak 18-22 jumadil awal 1443 H bertepatan 22-26 Desember 2021 M.

Kegiatan kali ini dengan mengusung tema “Mewujudkan Karakter Kader yang Loyal dan Berintelektual Demi Terbinanya Kepribadian yang Progresif.”

Perkaderan ini merupakan kewajiban organisasi khususnya di IPM Cabang Biringkanaya. Sebab kader merupakan bagian yang penting demi keberlanjutan organisasi dari masa ke masa.

Metode dalam perkaderan IPM tidak menyeramkan seperti yang dipikirkan banyak orang di luar sana, materi dan praktik berjalan beriringan dan kegiatan ini dilakukan di ruangan maupun di luar ruangan agar para peserta tidak merasa jenuh. Para panitia pun sangat ramah dan terbuka pada seluruh peserta sehingga peserta tidak merasa asing di tempat itu.

“Panitia berharap agar para peserta dapat menganggap IPM sebagai rumah dan kita semua dan sebagai keluarga yang saling menyayangi,” ucap Irna sebagai ketua panitia.

Baca Juga :  Bongkar Aib Pilkada Mubar, Bawaslu dan Polda Sultra Disambangi Demonstran

Kegiatan penutupan berakhir pada tanggal 21 Jumadil Ula’ 1443 H atau bertepatan dengan Hari Sabtu, 25 Desember 2021. Peserta berasal dari berbagai sekolah di Makassar. Di tengah hujan deras tidak membuat semangat peserta dan panitia luntur.

“Hujan tidak membuat semangat pudar” ucap Dewi yang menjadi salah satu peserta di kegiatan tersebut.

Sementara itu, Adi selaku pengurus Pimpinan Cabang IPM Cabang Biringkanaya ia mengucapkan kepada peserta yang menjadi bagian dari keluarga besar IPM.

“Semoga dengan adanya kalian membuat IPM menjadi rumah atau wadah ternyaman untuk kita semua. Saya berharap penutupan dalam kegiatan ini bukan menjadi akhir, tetapi seharusnya merupakan awal untuk pertemuan dalam kegiatan-kegiatan selanjutnya,” harapnya.

Tak hanya sampai di situ, penutupan perkaderan pun dihadiri oleh Ayahanda Pimpinan Cabang Muhammadiyah Biringkanaya yang diwakili Ustad. Jamaluddin Sanre yang selalu memberikan dukungan baik materi maupun non materi untuk IPM Cabang Biringkanaya.

Baca Juga :  LSM, Ormas dan Media Besok Akan Menggelar Aksi Atas PPDB di SMPN 1 Ciruas

“Saya berharap akan ada reolusi yang terjadi di setiap diri pribadi peserta setelah mengikuti PKDTM I ini. Saya juga berharap kalian dapat menjadi pelopor, Pelangsung, dan Penyempurna Persyarikatan Muhammadiyah ke depannya dan bisa bermanfaat terutama untuk kedua orang tua, orang terdekat, serta masyarakat sekitar. Pesan saya, pandai-pandailah dalam memanfaatkan waktu yang masih Allah berikan kepada kita, Semoga apa yang dipelajari dalam perkaderan PC IPM Cabang Biringkanaya menjadi awal perjumpaan yang baik,” pungkas Ust. Jamaluddin Senre sekaligus menutup secara resmi rangkaian kegiatan PKDTM I .

Reporter: Nur Alawiyah Khaerunnisa
Editor: Kariadi

Tanggapi Berita Ini