oleh

Tebarkan Spirit Dakwah Sosial, IMM Faperta Unismuh Makassar Sukses Gelar Safari Ramadhan

Faktual.Net, Makassar – Dalam rangka menjemput hikmah Bulan Suci Ramadan 1443 H, Pimpinan Komisariat (Pikom) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) menggelar Safari Ramadhan di Desa Lebang Manai Utara, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto.

Kegiatan ini berlangsung selama empat (4) hari sejak tanggal 21 April sampai 24 April 2022. Yang disasar ada enam (6) dusun yang menjadi lokasi Safari Ramadhan tersebut di antaranya Dusun Kancuna, Dusun Tombolo, Dusun Bonto-Bonto, Dusun Bonto Rannu, Dusun Jenetellasa, dan Dusun Lompo Depa.

Dalam kegiatan ini Pikom tersebut, mengisi bulan suci Ramadhan dengan berbagai macam kegiatan positif untuk nenanamkan nilai-nilai keagamaan agar mampu memberikan banyak manfaat bagi generasi umat muslim dengan mengusung teman “Dakwah Sosial”.

Muhammad Supriadi Ketua Umum Pikom IMM Faperta Unismuh Makassar mengatakan, Bulan Ramadhan adalah momen tepat untuk memperkokoh tali silaturahim, seperti yang dilakukan oleh Pikom IMM Faperta Unishmu Makassar. Tak mau melalui momen bulan suci Ramadhan begitu saja.

“Gerakan dakwah sosial menjadi semangat kami dalam menata kembali kepribadian kader dalam bermasyarakat dengan junjungan spiritual yang kami nilai penting untuk diwujudkan ditengah efek polemik permasalahan sosial yang berkepanjangan, serta ditunjang dengan kehadiran bulan Suci Ramadhan. Semoga menjadi pondasi awalan baru dalam kehidupan bermasyarakat dengan tidak melupakan nilai nilai spiritual yang mendasar,” tutur Supriadi kepada media ini melalui via WhatsApp, Selasa (26/04).

Ia juga menguraikan rangkaian kegiatan dalam Safari Ramadhan tersebut yaitu, bakti sosial, belajar mengaji bersama anak-anak Desa Lebang Manai Utara, mengisi ceramah di setiap dusun dan mengadakn lomba tadarus Al-Qur’an, Adzan, hafalan surah-surah pendek, dan do’a sehari-hari.

“Yang menjadi peserta dalam lomba tersebut adalah anak-anak mulai usia 4 tahun sampai 12 tahun di Desa Lebang Manai Utara,” ujar Supriadi.

“Generasi penerus bangsa haruslah dididik sejak dini dengan nilai nilai karakter Al-Qur’an serta dengan gerakan cinta masjid, sehingga kegiatan ini sebagai pemberi imunisasi vitamin ibadah bagi adik adik kami disini dan semoga ini menjadi modal awal calon calon pemimpin masa depan di desa Lebang Manai Utara ini,” imbuhnya lagi.

Tak hanya itu, dalam kegiatan Safari Ramadhan tersebut juga mengadakn bakti sosial, belajar mengaji, mengisi ceramah dan lomba-lomba tetapi juga di rangkaikan dengan kegiatan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair.

“Pelatihan pembuatan pupuk organik cair menjadi solusi paling efisien ditengah ketergantungan petani terhadap pupuk kimia sekala besar, sehingga gerakan-gerakan organik dalam pertanian yang menjadi misi akademik kolektif kami. Dan kami berharap mampu merubah paradigma pertanian sekala lokal maupun nasional untuk mengembangkan pertanian berkelanjutan yang ramah terhadap ekologis,” pungkasnya.

Laporan: Ahmad Rafiq
Editor: Kariadi

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :