Relawan UHO Kawal Bantuan Bencana

36

Faktual. Net Kendari. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Haluoleo (UHO), turut andil dalam penggalangan  donasi untuk korban gempa di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala. Sebanyak tujuh orang relawan mahasiswa asal Jurusan Ilmu Kelautan itu, dilepas oleh Wakil Dekan II FPIK UHO, Dr Ir Wellem H Muskita Msi sekitar pukul 13.00 wita pada Selasa 9/10 2018, di halaman fakultas FPIK UHO,  selanjutnya relawan diberangkatkan menuju lokasi gempa di Provinsi Sulawesi Tengah guna mengawal bantuan dari hasil donasi yang terkumpul melalui Posko Gabungan Peduli Bencana Sulteng.

Adapun Bantuan yang terkumpul dari hasil donasi pada Posko Gabungan Peduli Bencana Sulteng berupa uang tunai sebanyak 40 juta dan sejumlah barang seperti makanan dan pakaian. Tahap pertama relawan akan mengawal 10 ton barang dengan menggunakan 1 mobil truck dan 3 mobil awansa, melalui jalur darat.

Wakil Dekan II FPIK UHO Saat Memberi Sambutan

Saat melepas relawan asal UHO di halaman fakultas FPIK, Wakil Dekan II memberikan sejumlah penguatan kepada para relawan, dan berharap bantuan yang didistribusikan dapat meringankan beban masyarakat yang terkena musibah. “semoga bantuan ini menjadi amal ibadah kepada semua yang memberikan dukungan bantuan” tuturnya, yang mengaku bangga bisa memberangkatkan anak mahasiswa FPIK ke daerah bencana. Ia juga berpesan agar relawan menjaga stamina selama di perjalanan,  dan selepas mengawal bantuan kembali ke Kendari untuk beraktivitas sebagaimana mestinya seorang mahasiswa.

Kembali Dilepas oleh Koordinator Team Peduli Gempa

Selanjutnya, relawan menuju Posko Gabungan Peduli Bencana di Hotel Santika Jaya Bay Pass Pasar Baru Kendari, untuk kembali dilepaskan secara resmi oleh Koordinator Team Peduli Bencana Sulteng,  Andi Muh Sapriansyah sekitar pukul 15.00 wita selanjutnya dilakukan breafing dan penguatan kepada relawan yang akan diberangkatkan.

Mantan aktivis relawan tsunami 2004 ini memberikan sejumlah pembengkalan kepada relawan asal UHO ini mengenai hal-hal apa saya yang akan dilakukan baik dalam perjalanan maupun sesampainya di posko-posko di daerah bencana. “Terus lakukan koordinasi kepada kontak person di setiap titik tertentu, jangan segan-segan untuk berkoordinasi dan bertanya demi kelancaran distribusi bantuan,” ungkap mantan aktivis HMI yang juga mantan jurnalis era 90an ini.

Pengangkutan Bantuan Oleh Team Relawan

Barang yang diberangkatkan berupa makanan kering dan basah, minuman, pakaian, selimut dan keperluan balita seperti popok. Hasil donasi merupakan sumbangan yang terkumpul pada Posko Gabungan Peduli Bencana Sulteng yang di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pantauan faktual.net rombongan relawan baru berangkat pada tengah malam  sekitar pukul 24.10 wita Rabu 10/10 2018 setelah semua pembekalan dirasa cukup, baik tehnis maupun non tehnis seperti pembagian tugas dan tanggungjawab setiap anggota di lapangan dan keperluan bahan bakar.

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :