oleh

PK IMM Fisip UHO Gelar Kajian Riset Keilmuan, Hadirkan Eks Kabid RPK PC IMM Makassar Timur

-Berita, Kampus-105 views
📷Ketgam: Proses kajian berlangsung.

Faktual.Net, Kendari, Sultra – Masa pandemi Covid-19 yang hingga kini belum juga berakhir, akan tetapi tidak sedikitpun surutkan semangat untuk berproses di organisasi, melalui itu Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan (RPK) Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa  Muhammadiyah (IMM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Halu Oleo (UHO) melaksanakan kajian kelas Riset, di pelataran Gedung Masjid Malim , Jumat 16/07/2021.

Adapun tema yang diusung Bidang RPK tersebut “Menumbuhkan Daya Kritis dan Analitis Mahasiswa Melalui Karya Ilmiah,” dengan menghadirkan Narasumber Kompten Abdulah Fatih Eks Kabid RPK PC IMM Makassar Timur (Maktim), Periode 2019-2020, yang juga alumni Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Abdullah Fatih menjelaskan bahwa, cara berpikir kritis yaitu dengan melihat suatu masalah yang ada di sekitar untuk memberikan solusi melalui tulisan. Kerangka berpikir terbentuk karena bacaan dan pengalaman. Cara menyusun kerangka berpikir ilmiah ada dua yang pertama pertama metodologi yang kedua penelitian dan yang ketiga penulis boleh berkomentar dalam saran.

Baca Juga :  Polres Tidore Gelar Apel Pasukan Operasi Patuh Kie Raha 2021

“Selama ada metodologi yang digunakan dalam penelitian itu tidak akan menjadi masalah ketika kita ingin menulis. Tips untuk penulis pemula yang pertama tujuan yang ingin dicapai dalam menulis yang dan membuat target-target yang akan dituntut dalam menulis dan menulis harus ada cinta untuk mencintai tulisan kita sendiri. Kegagalan penulis adalah ketika gagal terbitkan tulisannya,” Ucap Abdullah Fatih Kabid RPK PC IMM Maktim.

📷Ketgam: Usai gelar diskusi keilmuan di pelataran Masjid Malim.

Sementara itu, Immawati Nurhaya mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang sudah berdedikasih dan peserta yang sudah berpartisipasi meluangkan waktunya untuk bincang-bincang keilmuan, yang harus terus di hidupkan agar organisasi lebih berkemajuan yang dibarengi dengan karya nyata.

“Harapan kami mengambil tema ini, untuk, meningkatkan kualitas berpikir kritis dan memiliki analisis tajam untuk meyakinkan diri dalam bertindak. Disisi lain, untuk kualitas pada tingkat riset dan langkah strategis untuk menjadi tranformasi tradisi ilmiah berbasis penelitian dan penguatan literasi serta menuliskan karyanya dan diterbitkan di berbagai media,” ucap Nurhaya Sekbid RPK IMM Fisip UHO.

Baca Juga :  Tak Hanya Pria, Para Wanita Ini Berperan Aktif Membantu Satgas TMMD ke 112

Ia juga menyampaikan bahwa Kegiatan ini, di hadiri oleh sejumlah kader IMM UHO sekaligus sebagai ajang silaturahim antar sesama kader IMM maupun mahasiswa pada umumnya yang ikut berpartisipasi pada kegiatan ini dalam menimbah ilmu.

“Semoga kegiatan ini, dapat menebarkan manfaat di seluruh peserta yang hadir sore tadi dan dapat meningkatkan budaya kritis yang tajam dan mengimplementasikannya mulai dari karya menulis,” Harap Nur Haya.

Dilanjutkan oleh Kariadi Ketua Umum PK IMM Fisip UHO, Ia menjelaskan bahwa komisariat ini masih terbilang baru walaupun sebelumnya pernah ada, jadi dengan kebangkitannya kembali tentu perlu melakukan gebrakan baru untuk membenahi organisasi mulai dari proses kaderisasi untuk menciptakan bibit-bibit unggul maupun kajian rutin yang matang dan masif untuk mempertajam nalar intelektual.

“Dengan adanya kajian-kajian ke-ilmuan yang terus berkelanjutan, semoga bisa mengisi mindset kader-kader IMM untuk berpikir kritis serta solusi dan juga mampu mengimplementasikan di masyarakat,” Pungkasnya. (Red).

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :