Pemuda Tani HKTI Sultra Bangun Research Laboratory

61

Faktual.Net, Kolut. Sultra. Guna melaksanakan swasembada pangan di provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) Sultra bangun gedung research laboratory organik fertilizer and feed.

Pembangunan gedung tersebut dimulai sejak Agustus tahun 2018 , berlokasi di desa Wawo kecamatan Wawo kabupaten Kolaka Utara (Kolut), saat ini pembangunan sudah hampir rampung dan menunggu jadwal untuk diresmikan oleh ketua HKTI Sultra, Lukman Abunawas Wakil Gubernur Sultra.

Menurut keterangan ketua DPW Pemuda Tani HKTI Sultra M. H Rachman, pembangunan gedung bertujuan untuk membantu petani mengatasi kekurangan pupuk dan pakan.

Baca Juga :  Gubernur Sultra Tinjau Abrasi Bantaran Sungai Konaweha
M.H Rachman Ketua Pemuda HKTI Sultra

“Petani tambak udang vaname, ikan bandeng serta peternak ayam bisa terpenuhi kebutuhan pupuk dan pakannya dengan beroperasinya gedung ini,” jelas Rachman sapaan akrab ketua DPW Pemuda Tani HKTI Sultra ini pada Sabtu, 19/1/2019 sambil menambahkan bahwa pupuk dan pakan diproduksi dengan cara melakukan permentase isolat bakteri yang berfungsi mempercepat tumbuhnya akar dan menjadikan vigor bagi tumbuhan itu sendiri.

Gedung research laboratory organik fertilizer juga bertujuan sebagai tempat pengkajian teknologi, pelatihan dan pengembangan sarana produksi.

Baca Juga :  PK IMM Ahmad Dahlan & AR Fachruddin FKIP UMK Di Lantik

Adapun sumber dana pembangunan gedung bersumber dari Science Laboratory Makmur Sembada serta investasi dari seorang putra daerah yang berprofesi sebagai advokat, yaitu Supriadi, sebesar 1 milyar.

Koperasi Pemuda Tani HKTI selanjutnya akan melakukan bagi hasil sampai tahun ketiga, setelah kepemilikan pabrik seutuhnya akan dikelola langsung oleh badan usaha koperasi pemuda tani HKTI Sultra.

Reporter : Wa Ode Deli Yusniati

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :