oleh

Kementerian Koperasi dan UKM RI Gelar Pelatihan UMKM Berbasis Kompetensi Bidang Retail di Sultra

Foto Bersama Peserta, Fasilitator dan Panitia, Penutupan Pelatihan UMKM Berbasis Kompetensi Bidang Retail, Jum’at, 16 April 2022, Hotel Zenit Kendari.

Faktual.Net, Kendari, Sultra – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkopukm) Republik Indonesia menggelar pelatihan usaha mikro berbasis bompetensi dibidang retail bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Sultra. Meskipun saat ini pemasaran sudah menggunakan digital marketing tetapi pemasaran offline tetap mendapat perhatian bagi Kemenkopukm RI.

“Kedua system pemasaran ini harus tetap berjalan kita juga harus tetap tanggap, penting untuk tetap memberikan pelatihan bagi pengusaha retail dan pramuniaga, sehingga keduanya betul-betul dapat meningkatkan pemasaran dengan teknik yang baik,” ungkap Haryanto, S.Sos, Asisten Deputi Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia Usaha Mikro dalam sambutannya , Rabu (13/4/2022), bertempat di Zenit Hotel, Kota Kendari.

Masih lanjut Haryanto, S.Sos, dengan maksimalnya pelayanan pemasaran dengan teknik yang baik, maka perekonomian daerah dapat bergulir dan tumbuh. Kementerian koperasi memandang pelatihan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas usaha mikro, karena diketahui beberapa permasalahan yang dijumpai saat ini letaknya ada pada masalah peningkatan kapasitas SDM dan masalah pembiayaan, rantai pasok dan termasuk perijinan. Olehnya itu Kemenkopukm berharap pengusaha dibidang retail dan pramuniaga mampu menjalankan tugasnya dalam pelayanan kepada pelanggan, lebih baik lagi dengan ilmu yang diperoleh dari pelatihan.

📷Ketgam: Suasana Pembukaan Pelatihan UMKM Berbasis Kompetensi Bidang Retail di laksanakan oleh Kemenkopukm kerjasama Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi SulawesinTenggara, 13-16 April 2022, Hotel Zenit Kendari.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Sulawesi Tenggara Drs. La Ode Saifuddin, M.Si, menyambut baik perhatian khusus yang diberikan oleh Kemenkop RI bagi pelaku UMKM di Sultra, melalui peningkatan kapasitas SDM UMKM berbasis retail ini.

“Penghargaan dan ucapan terimakasih kepada Kemenkopukm khususnya Asdep dan rombongan yang telah melibatkan pelaku UMKM memilih Sultra untuk pelaksanaan kegiatan ini,” ungkap Drs. La Ode Saefuddin Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Terdapat tiga belas materi unit kompetensi dalam pelatihan UMKM berbasis kompetensi di bidang retail ini, yaitu mempersiapkan diri untuk bekerja, mempersiapkan penampilan fisik dan mental dalam melayani pembeli, berkomunikasi dengan target pelanggan, mengidentifikasi respon pelanggan, melaksanakan pelayanan pelanggan, melakukan konfirmasi keputusan pelanggan, menemukan peluang baru dari pelanggan, menerima keluhan pelanggan, memberikan penanganan /pemacarahan keluhan masalah pelanggan, melakukan proses administrasi pengelolaan produk, melakukan stok opname, menata produk, melakukan rencana pembelian produk.

Sebanyak 30 orang peserta pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan ini berasal dari dalam dan luar kota Kendari, antara lain Muna, dan Kolaka. Berlangsung selama empat hari, 13-16 April 2022, bertempat di Hotel Zenit Kendari. (Del)

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :