oleh

Kembangkan Pariwisata, Pimpinan OPD Diminta Lepas Ego Sektoral

Faktual. Net, Tidore. Dalam rangka mensukeskan Visi Misi Pemerintah Daerah Kota Tikep dibawah kepimpinan Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen sebagai Walikota dan Wakil Walikota dua periode ini, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta untuk segera melapas ego sektoral dan kembali membangun kerja-kerja Kolaborasi.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen saat ditemui awak media di ruang kerjanya, pada Senin, (22/3/21). Ia mengatakan kebiasaan Pimpinan OPD yang sering mempertahankan Ego sektoral merupakan kelemahan pada pemerintahan AMAN Jilid I. Sehingga kedepannya, ego-ego yang tidak mau saling mendukung sudah harus dihilangkan.

“Program pengembangan wisata ini, butuh dukungan bersama. Karena kegiatan Pariwisata ini tidak serta merta menjadi tanggungjawab Dinas Pariwisata, melainkan juga bisa dikerjakan oleh instansi terkait, Misalnya Perhubungan fokus pelabuhan, Dinas PU Fokus Jalan dan Infrastruktur lain, Disperindagkop Fokus soal penataan kuliner, Disperkim fokus soal lahan dan seterusnya. Sehingga dengan begitu, dalam setahun kita sudah bisa melihat hasilnya,” tandasnya.

Lebih lanjut, Orang nomor dua di Kota Tikep ini menegaskan bahwa apabila kedepannya masih saja terdapat OPD yang tidak mau membangun kerjasama dalam mensukses satu Program khususnya di sektor Kebudayaan dan Pariwisata, maka ia bersama Ali Ibrahim tidak akan segan-segan untuk melakukan evaluasi bahkan mengagantikan pimpinan OPD tersebut.

Pasalnya, dengan jangka waktu kepemimpinan selama tiga tahun delapan bulan, maka apa yang menjadi Visi Misi Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen di periode ke dua ini sudah harus tuntas dikerjakan.

“Kita punya banyak potensi wisata yang harus diperhatikan, selain Maitara, ada juga Ake Sahu, Tugulufa, Failonga, Wisata Pantai Balbar, Mangrove di Guraping, dan lain-lain. Semua ini butuh perhatian dan kerjasama yang baik untuk dikembangkan,” ujarnya.

Wawali bilang, untuk memastikan kerja-kerja kolaborasi yang terukur, kedepannya ia akan meninjau langsung tempat wisata yang akan dikembangkan, seperti Wisata Pulau Maitara. Dan dalam kegiatannya nanti, ia akan mengajak Kepala-Kepala Dinas untuk ikut serta guna menginventarisir dan mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan masyarakat maupaun kebutuhan dalam rangka pengembangan Pariwisata.

“Masih banyak Kepala Dinas yang sering beralasan untuk ikut saya dengan pak Wali dalam melakukan kunjungan, padahal kehadiran mereka juga bisa mencatat apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Jadi, di periode ke dua ini, saya dan pak wali tidak mau tau, karena kami ingin membuktikan bahwa apa yang sudah dicanangkan melalui Visi Misi sudah harus direalisasi dengan baik. Untuk itu pada tahun 2022, sinkronisasi program lintas SKPD sudah harus jalan,” pungkasnya.

 

Reporter : Aswan

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :