Faktual.Net Selenggarakan Training Menulis Berita Bagi Calon Reporter

145
Calon Reporter Faktual.Net

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Salah satu Media On Line nasional yang berada di Sulawesi Tenggara (Sultra) Faktual.Net selenggarakan training (baca : latihan) menulis berita bagi calon reporternya. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh crew Faktual.Net dalam rangka meningkatkan kualitas reporter sebelum terjun kelapangan untuk melakukan peliputan. Aula Rapat Menara Kamar Dagang Dan Industri (KADIN) Sultra menjadi tempat terselenggaranya kegiatan tersebut.

Wa Ode Deli Yusniati selaku Pimpinan Redaksi (Pemred) Faktual.Net, menjelaskan bahwa tujuan dari training yang diadakan medianya adalah untuk berbagi ilmu dan memberi bekal kepada calon reporter baru agar semakin baik dalam menulis berita dan memenuhi kaidah jurnalistik. Kaidah yang dimaksud adalah terpenuhnya unsur 5W (What, When, Why, Where, Who) 1H (How) dan berita yang tulis harus berkualitas, berimbang serta akurat.

“Tentunya kegiatan ini diadakan oleh teman-teman dengan sebuah harapan sederhana bahwa ilmu jurnalistik yang kami miliki terbagi juga ke reporter baru dan tentunya para reporter akan semakin berkualitas ketika melakukan liputan dilapangan”, ujar Deli pada Ahad, 14/7/2019 lantas menambahkan bahwa pelatihan ini juga, guna menambah wawasan calon reporter.

Baca Juga :  PK IMM Ahmad Dahlan & AR Fachruddin FKIP UMK Di Lantik

Training yang terselenggara pada Ahad Sore tersebut diikuti oleh calon-calon reporter yang masih berstatus mahasiswa dari beberapa Fakultas, Universitas yang ada di Sultra. Sedangkan trainer kegiatan ini dihantarkan langsung oleh Wa Ode Deli Yusniati selaku Pemred yang juga menjabat direktur utama PT. Media Faktual Indonesia.

Salah seorang peserta yang bernama Kevin yang berasal dari Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo berharap bahwa semoga dari pelatihan yang diikuti dapat membuka wawasan bagi dirinya dan calon reporter lainnya.

Baca Juga :  Tuntut Masyarakat Sadar Dokumen Kependudukan, Disdukcapil Busel Canangkan GISA

“Kami berharap dari pelatihan ini, dapat membuka wawasan dan cakrawala berpikir kami tentang dunia jurnalistik, terkhusus saya pribadi dan teman-teman secara umum”, harap Kevin saat berkomentar ketika pelatihan berlangsung.

Training ini turut dihadiri oleh Crew Faktual.Net yang juga pendiri PT. Media Faktual Indonesia, Aco Rahman Ismail, La Ode Haeruddin, Asrun Awei ALi dan La Ode Subroto. Deli sapaan akrab Wa Ode Deli Yusniati menutup kegiatan ini dengan mengatakan bahwa kegiatan ini akan berlangsung setiap pekannya.

“Kegiatan ini kami selenggarakan dengan santai tetapi serius, dan kami rencanakan akan berlangsung setiap pekannya dengan menghadirkan trainer-trainer handal di Sultra”, tutup mantan aktivis WALHI Sultra ini.


Reporter : La Ode Subroto/La Ode Haeruddin, Editor : Aco RI

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :