oleh

Bentuk Kemanunggalan TNI, Babinsa Penajam Jadi Petani

Faktual.Net, Penajam, Kalimantan Timur, Wujud dukungan TNI khususnya prajurit kewilayahan yaitu Babinsa dalam mendukung ketahanan pangan (Hanpangan).

Semangat ikut serta terjun langsung ke sawah bantu para petani desa binaannya saat ini memanen padi, inilah yang dilakukan oleh anggota Koramil 0913-02/Waru Kodim 0913/PPU kepada para petani warga desa binaannya.

Babinsa Kelurahan Waru Serka Sayik dan Babinsa Desa Sesulu Serda Asdar melaksanakan kegiatan pendampingan pertanian dalam rangka panen padi bersama petani di lahan dengan seluas 2 hektar,

Jenis padi yang dipanen simelati milik Bapak Sulhan selaku ketua Poktan Sinar Karya yang berlokasi di Jl. Payo Lontop RT 06 Desa Sesulu Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Jum’at, (29/1/2021).

Baca Juga :  ACT Tegal Salurkan Modal Usaha untuk Mbah Yanah Lansia Dhuafa

Kegiatan pendampingan pertanian yang sudah menjadi bagian tugas para anggota Babinsa Koramil Waru, dilaksanakan Babinsa sebagai salah satu wujud pemberdayaan wilayah bidang pertanian dan guna menjaga kelangsungan ketahanan pangan daerah menuju swasembada beras yang merupakan ketahanan pangan nasional.

Sulhan selaku Ketua Poktan Sinar Karya, mengakui kinerja Babinsa sejak pengolahan lahan hingga masuk masa panen selalu aktif dan berperan layaknya petani.

“Saya melihat kemampuan Babinsa ini meski hanya kegiatan pendampingan, namun menurut saya ini sepertri menjadi tugas utama karena mau terjun langsung ke sawah bersama sama para petani, PPL dan para anggota Poktan lainnya untuk ikut serta memajukan petani dalam bidang pertanian”, ujar Sulhan.

Baca Juga :  Sidak Insidentil, Petugas Rutan Malino Temukan Benda Terlarang

Ia menambahkan agar program Hanpangan dapat tercapai, maka para Babinsa Prajurit Kewilayahan wajib selalu melakukan pendamping dilapangan memberikan arahan dan motivasi tinggi kepada para petani, agar apa yang menjadi kesulitan yang dihadapi oleh para petani dapat segera teratasi.

Sumber:Dim 0913/PPU
Editor    :Dzul

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :

Tajuk Berita