Balitbangda Sultra Kerjasama Kemenristekdikti Gelar Workshop Pengembangan Klaster PUD

49

Faktual.Net, Kendari, Sultra. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar workshop Model Pengembangan Klaster Inovasi Berbasis Produk Unggulan Daerah (PUD) pada Kamis, 15/11/2018.

Kegiatan yang digelar di Clarion Hotel Kendari ini dibuka oleh Pj. Sekda Sultra, merupakan Model Pengembangan Klaster Inovasi yang didesain secara sistemik dan lebih fokus kepada penguatan peran dan fungsi para aktor inovasi di daerah dalam mendorong pengembangan PUD dari hulu ke hilir sehingga kompetitif di pasar domestik dan global.

Saat melaporkan kegiatan, Kepala Balitbangda Sultra Dr. Sukanto Toding mengatakan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat kebijakan Pemerintah Daerah, khususnya dalam mewujudkan salah satu Misi Pembangunan Gubernur/Wakil Gubernur 2018-2023 yakni meningkatkan daya saing wilayah melalui inovasi, ekonomi lokal dan peningkatan investasi.

Baca Juga :  Disbudpar Bahas Lomba Cipta Logo Sail Tidore

Seperti kita ketahui bahwa salah satu Produk Unggulan Sultra adalah Kakao, namun perkembangannya mengalami pasang surut, dibawah ancaman menurunnya kapasitas produksi karena umumnya usia tanaman tua yang butuh peremajaan, penataan rantai pasok dan sistem hulu-hilir yang belum optimal.

Menyikapi permasalahan tersebut, maka pemda provinsi Sultra kata Sukanto Toding menyambut baik program Kemenristekdikti yang memberikan kepercayaan dengan memilih Sultra sebagai salah satu Lokus Program Klaster Inovasi PUD, yang berlokus di Kolaka Timur.

Dijelaskan oleh mantan aktivis HMI tersebut bahwa Program Klaster Inovasi adalah sebuah strategi kolaborasi empat pilar yang didesain untuk menstimulan proses dan aktivitas inovasi.

Baca Juga :  Hebat, Desa Bontomanai Dikunjungi Perwakilan Kementrian Pertanian RI

Ditambahkan lagi bahwa cara menstimulannya dengan meningkatkan interaksi secara intensif, pemakaian fasilitas bersama, pertukaran pengetahuan dan keahlian yang berkontribusi secara efektif dalam identifikasi, akuisisi teknologi, implementasi model bisnis, rantai nilai, rantai pasok, jaringan kelembagaan dan diseminasi informasi.

Untuk diketahui bahwa kegiatan hari ini merupakan kelanjutan dari Proses Kegiatan yang sudah dilaksanakan, dimana Balitbang sebagai Koordinator dibantu dengan Tim Ahli, yang diketuai oleh Prof. Dr. Andi Bahrun

Perjalanan panjang workshop ini mulai dari kegiatan Sosialisasi, FGD menyusun ROADMAP KLASTER INOVASI, hingga menggalang komitmen dari parapihak untuk mendukung Agenda Klaster Inovasi PUD, melalui suatu MOU, yang akan ditandatangani hari ini.

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :