oleh

UMKM Saguku dan Industri Kreatif Ariestha Tampilkan Ragam Produk di Acara Raker Dekranasda Kota Kendari

Pj Walikota Kendari Asmawa Tosepu, AP. M.Si janji siapkan ruang pamer bagi produk UMKM, dalam acara Rakerda Dekranasda Kota Kendari, Hotel Zahra Syariah, Ketgam (Bawah) Sambutan Ketua Dekranasda Kota Kendari 2022-2024 Siti Chomzah Asmawa, SH. M.Si pada acara Raker Dekranasda Kota Kendari, Hotel Zahra Syariah.

Faktual.Net, Kendari, Sultra – Pengurus Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) Kota Kendari tahun 2022-2024, mengundang UMKM unggulan Kota Kendari dalam kegiatan rapat kerja daerah (Rakerda) Dekranasda Kota Kendari, berlangsung selama satu hari di hotel Zahra Syariah, Kendari, Selasa (15/11/2022).

Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan Kota Kendari itu, antara lain olahan pangan khas Kota Kendari yaitu produk Saguku dan kerajinan anyaman rotan produksi Rumah Industri Kreatif Ariestha.

Rakerda Dekranasda Kota Kendari, dihadiri PJ Walikota Kendari, Asmawa Tosepu AP MSi, dalam pembukaannya, ia menyampaikan dukungan pemerintah Kota Kendari terhadap upaya menghidupkan dan memperkenalkan produk khas Kota Kendari, khususnya tenun dan kerajinan lainnya. Ia pun berharap kegiatan Rakerda tidak hanya menghabiskan waktu dan rangkaian seremoni belaka, melainkan melahirkan serangkaian terobosan dalam rangka mengembangkan seni dan budaya yang ada di Kota Kendari.

“Ada banyak harapan yang kita sampaikan paling tidak Rakerda itu tidak hanya seremonial saja tetapi betul-betul menjadi tempat bertemunya wadah dalam rangka mensinergiskan program-program pemerintah dengan program organisasi atau masyarakat, khususnya terhimpun dalam wadah Dekranas yang dalam hal ini para pengrajin, baik itu tenun maupun para pengrajin lainnya. Kita juga tadi sudah menyampaikan bahwa Dekranas ini dengan fungsi yang sangat strategis maka kira-kira perlu ada terobosan atau inovasi dalam rangka mengembangkan seni dan budaya yang ada di Kota Kendari ini,” urai Asmawa Tosepu, Pj Walikota Kendari.

Ketgam: Pameran mini produk unggulan UMKM Kendari antara lain olahan pangan Saguku dan produk kerjinan rotan dari Rumah Industri Kreatif Ariestha, dalam Rakerda Dekranasda Kota Kendari. Hotel Zahra Syariah.

Guna meningkatkan potensi UMKM di Kota Kendari, PJ Walikota Kendari Asmawa Tosepu, menyampaikan kesiapannya untuk menyiapkan wadah, agar UMKM bisa berkembang di era digital seperti saat ini. Pihak pemerintah Kota Kendari juga mengalokasikan anggaran untuk sarana ruang pamer bagi UMKM, sehingga dapat mempromosikan produk mereka kepada para tamu dari luar Kota Kendari yang ingin mengetahui kerajinan khas Kota Kendari.

“Jadi UMKM ini, pertama kita siapkan wadah, mereka bisa berkembang tidak hanya berpikir pada pemasaran saja, dan kita mendorong, karena sekarang kan zamannya era digital, jadi harus juga UMKM Go Digital itu kita dorong, dan mudah-mudahan kedepan 2023 nanti ini, kita bisa menyiapksan satu lokasi yang bisa sentra bagi UMKM di Kota Kendari ini. Diluar kantor kita ingin membangun semacam workshop Dekranasda, jadi ada ruang pamer bagi para pengrajin yang ada di Kota Kendari, sehingga masyarakat atau tamu-tamu kita dari luar pada saat ingin melihat barang-barang yang menjadi ciri khas kota Kendari maka bisa kita arahkan ke ruang pamer, rencananya 2023,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Kendari Siti Chomzah Asmawa SH MSi, dalam penutupan sambutannya berharap program kerja yang telah dibuat dan disepakati agar segera diimplementasikan dalam berbagai bentuk kegiatan dengan penuh kesungguhan agar memenuhi tujuan dan harapan bersama.
“Rapat kerja daerah Dekranasda Kota Kendari diharapkan dapat memberikan kontribusi dan mendukung kemajuan UMKM di Kota Kendari,” tutup Siti Chomzah Asmawa SH MSi Ketua Dekranasda Kota Kendari.

Rakerda Dekranasda Kota Kendari, mengambil tema “Semangat Bertahan”Pengrajin Berdaya Saing, Kendari Bergerak, Indonesia Maju’ Memeriahkan kegiatan Rakerda Dekranasda Kota Kendari, selain mengundang para pelaku UMKM dengan pameran mini hasil produk-produk UMKM, seperti kerajinan rotan, kerajinan nentu, tenunan, dan olahan pangan, juga menampilkan fashion show oleh jajaran pengurus Dekranasda Kota Kendari, juga turut dimeriahkan oleh fashion show Plt Ketua Dekranasda Provinsi Sultra Dr Hj Nur Endang Abbas SE MSi.

Sejumlah pejabat penting lingkup Pemerintah Kota Kendari turut hadir pada Rakerda Dekranasda Kota Kendari, yaitu Sekretaris Daerah Kota Kendari, Dr Drs Ridwansyah Taridala M Si dan para Kepala Dinas lingkup OPD Kota Kendari. (Del).

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :