Tertarik Sejarah Masa Lalu, Dubes Spanyol Ingin Promosikan Kebudayaan Tidore Dimata Dunia

Faktual.Net, Malut,Tidore. Wakil Duta Besar Penasehat Budaya dan Keilmuan, Kedutaan Besar Spanyol di Jakarta, Diego Santiago Rivero bersama rombongan ingin mempromosikan Kebudayaan Tidore di mata dunia.

Hal tersebut disampaikan pada kunjungan kerjanya di Kota Tidore Kepulauan yang diterima oleh Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Yakub Husain di Ruang Rapat Walikota, Selasa (23/5/2023).

Dalam kunker tersebut, Santiago mengatakan, hubungan antara kerajaan Spanyol dan kerajaan Tidore pada masa lalu sangat luar biasa, menjadi salah satu daya tarik, dari sisi sejarah, kerajaan Tidore dan kerajaan Spanyol memiliki hubungan yang luar biasa.

“Banyak peninggalan-peninggalan bangsa Spanyol yang ada di Kota Tidore, dan kami di kedutaan besar Spanyol bersedia untuk bekerjasama di bidang Kebudayaan, nanti kalau seandainya ada event-event Kebudayaan di Tidore, silahkan kirim undangan ke kami kedutaan besar spanyol di Jakarta, kami akan datang,” Tutur Santiago.

Lebih lanjut, Santiago berharap ada satu program kebudayaan yang akan selalu dilakukan di Tidore, dalam program kebudayaan tersebut mempunyai model pengembangan kebudayaan dan  promosi-promosi kebudayaan.

“Kami berharap nanti ada satu program kebudayaan yang akan selalu kami lakukan, dalam program kebudayaan kami mempunyai model pengembangan kebudayaan, saya sudah berapa bulan di Indonesia dan saya menganggap informasi kebudayaan terutama dari Tidore adalah informasi yang sangat penting untuk dipromosikan,” Imbuh Santiago.

Baca Juga :  LSM, Ormas dan Media Besok Akan Menggelar Aksi Atas PPDB di SMPN 1 Ciruas

Di kesempatan yang sama, Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Yakub Husain dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dengan tangan terbuka menerima apabila Kerajaan Spanyol ingin meningkatkan peluang kerjasama untuk mempererat ikatan kekeluargaan yang terjalin antara Kota Tidore Kepulauan dengan Kerajaan Spanyol baik dalam sektor pendidikan, pariwisata dan budaya.

“Kerjasama tersebut tentunya harus memberi dampak yang baik untuk kedua pihak, dan tentunya pula harus membawa kesejahteraan pada masyarakat Kota Tidore Kepulauan karena hal tersebut adalah komitmen kami dari awal, semoga dengan adanya Kunjungan pada hari ini akan membawa nilai yang baik untuk keduanya, dan kita dapat kembali dipertemukan dalam kesempatan yang lebih baik lagi dengan mengangkat potensi-potensi dari keduanya dalam sebuah jalinan kerjasama yang professional,” Ucap Yakub.

Kunjungan kerja tersebut ditutup dengan pemutaran film dokumenter dan penyerahan cendera mata dari Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Yakub Husain kepada Wakil Dubes Spanyol Penasehat Budaya dan Keilmuan, juga penyerahan buku dari Wakil Dubes Spanyol yang berjudul “Las fortalezas de las islas Molucas” yang artinya “Benteng-Benteng di Kepulauan Maluku” karya Juan Carlos Rey.

Baca Juga :  Bongkar Aib Pilkada Mubar, Bawaslu dan Polda Sultra Disambangi Demonstran

Buku Las fortalezas de las islas Molucas berisi tentang sejarah benteng-benteng dan rempah-rempah yang ada di Kepulauan Maluku dan Maluku Utara yang dikenal oleh bangsa Spanyol, buku ini ditulis berdasarkan riset dan penelitian dari Juan Carlos Rey yang juga ikut dalam rombongan kunker ini, buku terbitan Yayasan Pustaka Obor Indonesia ini dipersembahkan dalam 2 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Spanyol.(Hms)

 

Reporter : Aswan

Tanggapi Berita Ini