oleh

Terapkan Prokes, Pemilihan Ketua RW Poris Gaga Berjalan Demokratis

Faktual.net, DKI Jakarta, – Warga RW 02 Kelurahan Poris Gaga Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang melaksanakan pemilihan Ketua RW dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 1000 warga RW 02 yang berasal dari 3 RT yakni RT 01, 02 dan 03, dihadiri oleh perwakilan Kelurahan Poris Gaga bersama unsur keamanan lainnya adalah untuk memastikan aspek keamanan selama kegiatan berlangsung.

Iwan selaku Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Ketua RW 02 menjelaskan mekanisme pelaksanaan pemungutan suara dengan cara para warga pemilih mendatangi lokasi pemilihan dan pencoblosan yang sudah disediakan oleh Panitia Pelaksana.

“Satu tim terdiri dari 6 orang panitia yang bertugas untuk menyemprotkan hand sanitizer kepada warga sebelum memberikan hak suara, memberikan kertas suara, membawa kotak suara, dan saksi. Sampai saat ini, mulai pukul 07.00 Wib pagi sampai 08.35 Wib sudah sekitar sudah 200 surat suara yang terpakai sejak lokasi pencoblosan dibuka. Sedangkan batas akhir pencoblosan ditutup tepat pada pukul 12.00 Wib siang,” kata Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Ketua RW 02, Iwan kepada para awak media di Kota Tangerang, Minggu (21/11/2021).

Iwan juga menambahkan bahwa Panitia Pelaksana bersinergi dengan Aparat Keamanan dan unsur terkait lainnya dalam pemantauan terhadap kegiatan pemilihan Ketua RW 02 demi menciptakan keamanan dan kenyamanan.

“Kegiatan ini tentunya harus tetap menjalani prosedur penerapan protokol kesehatan. Jadi dengan begitu penyampaian aspirasi warga tetap dapat berjalan,” ujarnya.

Menurutnya, meskipun ini hanyalah pemilihan Ketua RW namun pihaknya ingin pemilihan dilakukan dengan sebaik mungkin dan berlangsung secara demokratis, dengan menerapkan sistem sesuai peraturan Walikota Kota Tangerang.

“Sesuai mekanisme yang diajukan panitia dan disetujui warga dan calon Ketua RW, sebelum pemilihan para calon Ketua RW dikenakan biaya Rp 2 juta per calon. Biaya tersebut untuk pembuatan banner, surat suara, tenda dan lain-lain. Yang pasti mereka tidak keberatan, selain itu pihak mengeluarkan dana untuk kegiatan pemilihan Ketua RW ini,” tambahnya.

Adapun para calon yang mengikuti proses pemilihan Ketua RW 02, Kelurahan Poris Gaga adalah Ariyadi, Poniman dan Imam P.

Saat dikonfirmasi oleh wartawan, salah satu Calon Ketua RW 02 Aryadi mengatakan jika terpilih dia akan fokus kepada visi misi untuk membangun RW 02.

“Saya siap berbesar hati jika terpilih atau tidak. Yang pasti jika terpilih saya akan fokus kepada visi misi saya sendiri. Pertama, membangun lingkungan. Kedua, memperhatikan dan menyantuni anak yatim, dan terakhir penyediaan prasana dan peralatan di lingkungan RW 02 seperti ambulance, tenda dan lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Poniman calon Ketua RW 02 nomor urut 2 menjelaskan akan melayani masyarakat dan meningkatkan semangat gotong royong di warga RW 02.

“Masalah disini adalah terkait saluran air. Jika terpilih saya akan memperbaiki sarana air yang sangat dibutuhkan warga disini. Semangat kerjasama antar warga juga harus ditingkatkan terutama gotong royong,” ucapnya.

Sedangkan Imam P calon Ketua RW dengan nomor 3 menuturkan santunan jaminan kematian bagi warga RW 02 akan menjadi prioritas jika nantinya terpilih.

“Isu ini yang selama ini menjadi beban dan memberatkan masyarakat disini. Saya terpanggil untuk meringankan beban warga. Selain itu pemberdayaan para pemuda di RW 02 juga menjadi perhatian saya nanti jika dipercaya sebagai Ketua RW 02,” katanya.

Reporter: Supriyadi

Berikan Komentar Anda Pada Berita Ini
Bagikan :